IKUT LUKIS MODEL, MERASA RENDAH DIRI KETEMU PELUKIS PELUKIS SENIOR.

Berita adanya kegiatan sillaturahmi pelukis melalui kegiatan lukis model hari Minggu 19 Januari 2020 membuat  penasaran saya untuk ingin ikut. Akhirnya minggu pagi dengan hanya bawa kertas dan pensil 8B akupun meluncur mencari alamat Perumahan Klodran Indah Jl Pepaya II/69 Karanganyar. Meski harus tanya sana sini akhirnya lokasi tempat lukis model itu bisa ketemu.
Bayangan saya lokasinya sebuah sanggar atau gedung pertemuan tapi ternyata lokasi itu ada dilapangan yang diberi kajang atau tenda mewah lumayan besar seperti sebuah hajatan. Tampak banyak jagrak lukisan dengan kanvas yang terpasang siap dilukis , beberapa orang sudah  duduk duduk tampak menunggu yang lain. Kostumnyapun mereka pada aneh aneh alias nyleneh sayapun langsung menindentifikasikan bahwa mereka para seniman peserta kegiatan lukis model. Waduh aku sedikit canggung dan kikuk karena tidak ada yang kenal lagian aku merasa rendah diri karena aku sendiri jarang sekali bermain cat minyak dan kanvas. Tetapi aku pikir buat apa takut bukankah sama tidak kenal.
Seseorang lelaki ramah tanpa tahu dari mana tiba –tiba menyalamiku dan mengucapkan sugeng rawuh mas. Karena penasaran kutanyakan sesorang yang menyambutku itu. Ternata dialah penyelanggara kegiatan lukis model ini. Namanya Sunu Prasetyo  diapun ternyata  pelukis cat minyak, alhamdulillah mulailah peserta lain berdatangan. Aku mulai bisa beradaptasi setelah ngobrol salah satu dari mereka namanya pak Karno.Dia pelukis dari Ambarawa.
Undangan jam 09.00 pagi tapi prakteknya peserta datangnya diatas jam 10 pagi. Biasa buat seniman......molor...tidak tepat waktu, kelakuan ini bagi mereka bukan menjadi beban karena biasa tidak pakai aturan yang mengikat. Ternyata dari penyelenggara disediakan kanvas gratis....akupun mengambilnyatetapi aku tetap pakai pencil . Setelah agak siang mulailah pembukaan lukis model. 4 gadis cantik cantik pun berpose pada empat tempat yang berbeda. Dari 70 peserta yang hadir dibagi 4 kelompok, peserta boleh memilih sesuai selera masing masing. Ada yang berpose menantang, ada yang tiduran , ada yang bersanding alat musik dan ada yang duduk biasa. Dengan diiringi lagu keroncong gaya modern suasana melukis menjadi semangat bahkan para pelukis sambil nyanyi nyanyi apalagi kalau lagu didi kempot.


“ Biar awet muda mas....buat hiburan” sahut seorang pelukis kepadaku. Beberapa pelukis potret seperti Heri Soedjarwanto . Barada, Joko Prasetyo dan lainnya mulai beraksi dengan coretan lukisan ekpresinya. Ada yang Cuma pakai pensil saja, ada yang pakai cat air , akrilik....bebas sesuai selera pelukis. Aku cukup dengan pensil saja.

foto koleksi Pribadi

Komentar