BUAT SENDIRI KANVAS MELUKIS

Bahan : Karung Terigu , Lem kanji ( Tapioka ) , Kuas dan Cat tembok putih plus spangram

Kegiatan melukis dengan media gambar kanvas memang sebenarnya sangat disukai anak anak karena bersifat menjelajah apalagi anak-anak prasekolah kegiatan ini betul-betul sebagai bermain yang menyenangkan dan termasuk media pendidikan yang baik untuk pembentukan jiwanya, Melalui
berExplor dengan pewarna seperti Cat minyak , Acrilik atau cat air anak akan berimajinasi sesuai keinginannya. Tapi amannya pewarna yang bisa luntur. Sayangnya media dan sarana melukis itu mahal jadi jarang orangtua yang memberi vasilitas anaknya untuk melukis. Khususnya kain media melukis yang disebut kanvas . Kanvas hanya bisa dibeli dengan permeter.
Saya mempunyai resep membuat kanvas sendiri mudah-mudahan bisa dipakai para orangtua agar anaknya bisa melukis tanpa biaya mahal. Bahan yang harus disiapkan :
1. Bekas karung Gandum ( Terigu ) yang sudah tidak terpakai biasanya beru- jud kain putih mirip dengan kain blacu.
2. Rentangkan kain bekas karung tadi dengan kencang , paku tepi kain atau lebih bagus ditempel langsung ke spangram( lihat gambar spangram )
3. Siapkan cat tembok dan dicatkan merata ke kain tadi, setelah itu dijemur sampai kering.
4. Siapkan lem Pati Kanji (tepung tapioka) ,buat jangan terlalu kental mendekati encer biar bisa rata. Cara membuat lem ini taruh tepung tapioka ke panci dan beri air sesuai kebutuhan kemudian rebus dengan api kecil dan aduk-aduk sampai menjadi adonan lembut agak encer. Kuaskan lem ini ke kain tadi sampai rata. Lalu jemur lagi.
5. Siap untuk melukis buat anak-anak kita.
Oke ! nanti saya beri resep buat warna murah ( TO BE 

CONTINUED 


Spangram adalah bingkai kayu untuk nempel kain , kanvas sudah jadi , kanvas nempel spangram dari belakang
Kanvas siap untuk melukis sekalian bermain dengan warna - warni


Komentar